Mitos Kuchisake-Onna:

Kuchisake-Onna (hantu wanita bermulut sobek) sering muncul di malam hari. Ia biasanya mengganggu orang yang sedang mabuk atau orang yang pulang kerja malam. Ciri-cirinya adalah ia terlihat seperti seorang gadis cantik yang memakai masker.

Kuchisake-Onna menghisap darah manusia layaknya vampire. Tapi kalau mangsanya anak-anak, maka ia telan bulat-bulat. Biasanya saat mendekati mangsanya ia bertanya “Apakah aku cantik?”. Jika orang menjawab “iya”, maka dia akan membuka maskernya lalu bertanya lagi “Kalau begini apakah aku masih kelihatan cantik?”. Nah, pada saat itulah biasanya mangsanya takut dan menjawab tidak, maka ia akan memangsa orang itu.

Sejarah dan cara menangkal Kuchisake-onna:
Banyak mitos tentang asal-usul Kuchisake-Onna, antara lain:
1. Dulu ada seorang wanita istri seorang samurai. Mereka saling menyayangi. Tapi suatu hari istrinya selingkuh. Setelah suaminya tau, ia pun dikutuk oleh suaminya menjadi hantu mulut robek.

2. Seorang wanita yang dioperasi, tapi dokternya malah melakukan kesalahan sehingga membuat mulut wanita itu robek. Wanita itupun marah dan membunuh si dokter. Akhirnya, ia dibunuh oleh masyarakat.

Cara terbaik untuk menghindari kuchisake-onna adalah jangan pulang larut malam. Kalau bertemu, jawablah pertanyaan keduanya dengan “begitulah” sehingga iapun menjadi bingung. Dengan begini, kita bisa lari darinya.