Perayaaan Valentine atau hari kasih sayang ini mungkin tidak dirayakan oleh semua warga di pelosok Indonesia.Namun dikota-kota besar seperti Jakarta dan kota besar Asia Tenggara lainnya ,Sambutan Valentine kian menjalar lalu mejadi rutin tahunan para pasangan untuk merayakanya.Apalagi dengan promosi dagangan dan media yang berlebihan.Tiap tahun sambutan Valentine ini kian meningkat pengikutnya.

Seputar fakta tentang Valentine:

1297644927439311161

-Nama Valentine diambil dari nama seorang martir Kristiani yang dihukum mati oleh bangsa Romawi bertepatan pada tanggal 14 Februari.Valentine dibujuk secara pribadi oleh kaisar Romawi supaya beliau meninggalkan agama Kristen dan memeluk ajaran Romawi.Valentine menolak desakan sang kaisar lalu mengorbankan nyawanya bagi mempertahankan agama.

-Awalnya hari Valentine disambut sebagai upacara keagamaan.Namun tradisi tersebut beransur hilang oleh perubahan zaman.Sekarang sambutan Valentine lebih dikenali sebagai hari kasih sayang dimana para kekasih menyatakan perasaan cinta mereka terhadap orang yang tersayang.

-Hari Valentine bukan saja ditunggu para pejaka yang ingin mengucapkan rasa cinta,Para pebisnis tidak ketinggalan mengambil kesempatan menyatakan kecintaan mereka dengan menawarkan produk-produk yang disediakan.

-Kartu ucapan,bunga dan coklat merupakan 3  hadiah terpopuler untuk mengepresikan rasa cinta kepada pasangan.Tidak cukup dengan coklat dan bunga,sang pejaka membawa sang kekasih menikmati makan malam romantis  di restoran yang turut konsen dengan perayaan ini.Pasangan biasanya ditawarkan dengan menu khas serta dekorasi khas untuk sambutan  kasih sayang ini.

-Ada juga yang menyambut hari Valentine dengan lebih privacy.Tidak sedikit pasangan yang menyatakan rasa cinta mereka di hotel-hotel yang turut memberikan pelayanan spesial seperti taburan bunga di bak mandi,atau di kasur.

-Perubahan zaman,pemikiranpun semakin advance,Di hari Valentine si pacar pun dibawa terbang ke destinasi  romantis yang gencar ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

-Hari Valentine akan sangat berarti bagi pasangan yang baru bercinta atau pasangan yang lagi pendekatan untuk menyatakan perasaan mereka.

-Bagi yang sudah lama pacaran atau berumah tangga.tidak perlu menunggu hari Valentine untuk mengucapkan perasaan cinta.Tidak perlu menunggu hari Valentine memberikan hadiah tanda cinta.Tunggu saja tanggal muda.

-Bagi si lajang atau yang baru kehilangan pasangan,Jelang Valentine merupakan hari dipresi sedunia.Kasus bunuh diri pun sering terjadi disekitar perayaan hari kasih sayang ini.

-Setelah hotel,restoran,toko bunga,toko hadiah kebagian rejeki,yang pasti jelang hari Valentine ini, boss condom bertambah kaya.Bulan maret menjadi bulan tes kehamilan massa

-Menurut survey yang dilakukan oleh avvo.com,sesudah dan sebelum hari Valentine merupakan waktu yang tertinggi kasus perceraian.Pasangan yang lagi bermasalah biasanya akan memberikan peluang terakhir pada hari Valentine apakah pasangan mereka menciptakan moment yang indah seperti sebelumnya.Bisa juga pasangan yang punya selingkuhan meninggalkan pasangannya sebagai bukti cinta kepada kekasih baru mereka

Faktanya,hari Valentine yang digambarkan dengan hari kasih sayang ini tidak semuanya berubah menjadi hari yang indah.Wajarkah budaya Valentine yang kita adobsi ini dibiarkan saja menjalar menjadi ritual tahunan padahal jutaan jomblo merasa minder, kesepian.sedih dan dipresi?